Saturday, February 02, 2008

makanan




Bagiku, makan, bukan hanya untuk memuaskan nafsu semata, makan bukan hanya memainkan lidah saja, makan juga bukan hanya untuk memenuhi syarat pemenuhan gizi atau nutrisi empat sehat lima sempurna.
Ada sedikit filosofi jenis makanan dari cina, bebek adalah perlambang komitmen dan kesungguhan makanya hidangan bebek panggang berwarna merah, wajib ada dalam setiap pesta pernikahan. merah identik dengan kebahagiaan.
Bagaimana ayam goreng, ayam sayur, dan ayamjuga melambangkan kesejahteraan dan totalitas, atau sebagai simbol pernikahan yang langgeng, makanya hidangan ayam senantiasa hadir dalam setiap perjamuan makan, baik ketika pernikahan ataupun imlek ataupun jenis perjamuan lainnya
Spring Rolls, bentuknya dan juga warnanya yang mirip batangan emas, dipercaya mendatangkan kesejahteraan. Kue kue yang bulat dan manis, melambangkan kebersamaan dalam keluarga, dan manisnya kehidupan. Yang menarik, mie, atau noodles atau nudeln, menjadi simbol kehidupan abadi.
Makanya mie juga selalu dihidangkan pada saat perayaan ulang tahun.Sebagian masyarakat cina, bahkan percaya, memotong mie dapat mendatangkan nasib buruk.

No comments: