Saturday, February 02, 2008

Apa salahnya, kalau aku narsis!







Narsisisme, dijelaskan dalam Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa




Indonesia.Narcissus atau Narsisus jatuh cinta terhadap dirinya sendiri.



Lukisan karya Michelangelo Caravaggio.Narsisme adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Orang yang narsisme tidak selalu percaya diri di depan umum, namun bisa juga ditunjukkan dengan suks memfoto diri sendiri. Biasanya orang yang narsisme adalah seorang model. karena mereka sering sekali mendapatkan pujian dan itu menyebabkan mereka merasa percaya diri dan akhirnya berlebihan.



terus ada yang salah jika seseorang menjadi narsis?



bagiku, tidak.



apakah narsis sama persis dengan over confidence?



bagi ku tidak, karena narsis adalah sebuah bentuk pengekspresian dari diri seseorang yang ditunjukan secara fisik, performance dan prestasi. jadi narsis adalah sebuah aksi positif agar kita menjadi 'orang' dalam kehidupan.
tapi apa salahnya jika narsis ditunjukan di friendster dan blog, ga salahkan.



itu kan bentuk ekspresi. hhh






Spencer A Rathus dan Jeffrey S. Nevid menyebutkan dalam bukunya, Abnormal Psychology (2000) bahwa orang yang Narcissistic memandang dirinya dengan cara yang berlebihan. Mereka senang sekali menyombongkan dirinya dan berharap orang lain memberikan pujian.



Hal tersebut dapat berupa kekaguman yang berlebihan terhadap wajah sendiri atau dapat pula terhadap bagian tubuh tertentu seperti menyukai bentuk mata, bentuk bibir, betis dsb.



Tanda tanda narsis antara lain : merasa dirinya sangat penting dan ingin dikenal oleh orang lain merasa diri unik dan istimewa suka dipuji dan jika perlu memuji diri sendiri kecanduan difoto atau di shooting suka berlama lama di depan cermin Seseorang yang narsistik sering tanpa sadar juga memiliki keinginan untuk memamerkannyake-orang lain, tidak peduli apakah yang ingin didemonstrasikannya adalah bagian tubuh pribadi.



Kebutuhan untuk diperhatikan dapat pula menjadikan seseorang rentan terhadap kekurangan fisik. Ada yang merasa sangat tidak nyaman gara gara jerawat bandelada merasa perlu dandan total, walaupun cuma mau ke pasar.






hidup narsis!

No comments: