Sunday, March 16, 2008

Toilet Mewah




Toilet, sebuah tempat yang menyediakan pembuangan akhir dari proses metabolisme tubuh. ruang kecil yang juga terkadang menjadi sebuah tempat hadirnya inspirasi. menjadikannya sebagai sebuah tempat yang nyaman merupakan impian bagi sebagian kecil orang yang telah melampaui titik kesejahteraannya. sebagian besar masih hanya menjadikannya sebagai wadah yang tak penting.
seorang kawan sempat berujar “wajar saja tak ada perubahan di wadah ini, toiletnya aja nggak dirawat”. mungkin saja ini sekedar sebuah umpatan. namun ia bisa menjadi sebuah kritik untuk sebuah perubahan. sebuah wadah belajar dengan toilet yang tak terawat, sepertinya menjadi cerminan keterpurukan pendidikan yang dilakukan.
sementara, seorang kawan lainnya berujar “di sebuah kampung, toiletnya merupakan terpanjang di dunia, karena setiap selokan adalah toilet. selokan, bukan sungai”. ia juga mengungkapkan tentang kenyamanan untuk membuang hajat hidup orang banyak hanya dengan menutupi wajah, dengan sarung, sementara bagian bawah tetap bebas menikmati alam.
seribu rupiah yang harus dikeluarkan saat menggunakan ruang kecil. lebih mahal dibandingkan sebuah kamar kost. dalam satu hari sudah mampu menyewa kamar di hotel. inilah sebuah bisnis toilet yang selama ini semakin berkembang dan akan terus berkembang, karena konsumennya tak akan pernah usai. hanya bermodal sikat dan cairan pembersih, rupiah pun mengalir deras.
toliet menjadi sebuah cerminan atas kondisi sekitarnya. tak terawatnya toilet menggambarkan tak terawatnya lingkungan sekitar. toilet menjadi sebuah etalase yang letakknya tak pernah di depan. Untuk itu marilah kita membersihkan toilet hingga bersih. Disikat, disabun, dan di guyur pake air lebih banyak jadinya tetap fresh. Agar wangi, tambahkan bunga agar wangi….
Namun, bisa dibayangkan jika dunia ini tanpa toilet. Orang akan banyak yang semakin jatuh sakit. Akan semakin banyak orang tinggal di rumah sakit. Hidup toilet!

No comments: