Tuesday, January 12, 2016

OKINAWA, SURGA DI DUNIA


 
Menikmati bunga sakura yang bermekaran. Foto: Japan Times
Setiap kali mendengar kata Okinawa, yang ada di otak adalah pangkalan militer Amerika Serikat di Jepang. Itu memang benar. Tidak salah. Terkadang itulah yang membuat wisatawan Indonesia enggan berkunjung ke Okinawa. Karena di sana ada pangkalan militer Amerika Serikat terbesar di Asia. Takut!

Tidak. Pandangan itu salah. Justru Okinawa menawarkan sejuta pesona bagi siapa saja yang berkunjung ke sana. Bagi Japan-addict, Okinawa bisa jadi memberikan semilyar kenangan bagi siapa saja yang pergi ke Okinawa. Sumpah tidak bohong! Okinawa akan memberikan setriliun pengalaman tak terlupakan. 

Pertanyaannya, kenapa harus berkunjung ke Okinawa? Di sana tidak menonjolkan wisata yang memamerkan banyak gedung bertingkat. Tapi pariwisata budaya dan lingkungan yang sangat menawan. Mulai dari bunga sakura yang bermekaran hingga tarian drum yang sangat menghibur. Paling menakjubkan, Okinawa memiliki banyak pulau.
 
Okinawa itu surganya orang yang romantis. Foto: Japan Times
Pertama, Okinawa itu surganya orang yang romantis. Jangan ngaku sebagai pria atau perempuan yang romantis kalau belum pernah menginjakkan kaki di Okinawa. Kenapa? Bunga sakura sebagai lambang romantisme bermekaran di bulan Januari.
Tempat mana di Jepang yang paling romantis di dunia? Jawaban paling tepat ada Okinawa. Pada pertengahan Januari hingga pertengahan Februari, bunga sakura mulai bermekaran. Okinawa merupakan prefektur di Jepang yang pertama di mana bunga sakura mulai unjuk diri dan muncul dengan keindahannya karena iklim subtropis Okinawa. Di mana paling layak untuk menikmati sakura? Saya merekomendasikan menikmati sakura di Nakijin Castle yang telah berusia 700 tahun. Waktu yang dipilih sebaginya malam hari. Dijamin tak akan menyesal.

Kedua, Okinawa itu surganya para penjelajah. Jangan ngaku sebagai penjelajah sejati kalau belum pernah ke Okinawa! Banyaknya kepulauan menjamin Anda tak puas jika berada di satu pulau. Tapi memberikan alternatif pula yang bisa dikunjungi.
Okinawa itu terdiri dari lebih dari 160 pulau dan 49 di antaranya berpenduduk, sisanya tak berpenghuni manusia. Ratusan pulau-pulau itu terbentang 1.000 km dari selatan ke barat dari Kyushu ke Taiwan. Akses dan transportasi tak perlu khawatir. 25 pulau yang bisa dijangkau dengan feri dan pesawat.

Ketiga, Okinawa adalah surganya bagi pecinta nenek moyang! Menghormati nenek moyang bentuk kecintaan kepada manusia. Kenapa? Orang Okinawa kalau nenek moyang bangsa di dunia berasal di Okinawa! Mungkin termasuk nenek moyang orang Indonesia.
Dewi Amamikyo merupakan ibu dari seluruh nenek moyang yang turun ke bumi di Pulau Kudaka, di prefektur Okinawa. Dari Kudaka, dia terbang ke Sefa-utaki. Bagi yang ingin memberikan penghormatan kepada Dewi Amamikyo, sebaiknya berkunjung ke Sefa-utaki. Itu menjadi tempat yang paling disakralkan di Okinawa. Jadi, jangan bicara kasar di sana. Jangan pula berpikir negatif di sana! Sefa-utaki juga menjadi sembilan World Heritage yang berada di Okinawa. Kerenkan!
 
Okinawa itu surganya karateka. Foto: Japan Times
Keempat, Okinawa itu surganya Karateka! Ciat ciat ciat! Jangan ngaku karateka sejati kalau belum pernah berkunjung ke Okinawa!
Karate berawal dari Okinawa saat zaman Kerajaan Ryukyu hingga menjadi bagian dari Jepang pada 1879. Karate berkembang karena raja Ryukyu melarang penggunaan sejata. Hingga warga lokal membekali diri dengan bela diri tanpa senjata dan lebih mengandalkan pada kemampuan tangan. Karate berkembang pesat. Pada awal 1900, karate mewabah di Jepang. Kemudian berkembang ke seluruh dunia. Tapi Okinawa tetap menjadi tempat paling otentik dan orisinal untuk belajar karate. Bagi Anda karateka sejati, Anda harus belajar di desa budaya Murasakimura di Yomitan! Jangan ngaku karateka sejati kalau belum pernah merasakan latihan karate di Murasakimura!
 
Okinawa itu surganya penyelam! Foto: Japan Times
Kelima, Okinawa itu surganya penyelam! Jangan ngaku penyelam sejati kalau belum pernah menyelam di Okinawa!
Bagi penyelam sejati, Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang terbesar di Palau Miyako. Keindahan bawah lautnya membuat semua penyelam dari berbagai dunia berdecak kagum. Kalau tak percaya, buktikan sendiri!
 
Okinawa itu surganya orang yang panjang usianya di dunia. Foto: Japan Times
Keenam, Okinawa itu surganya orang yang panjang usianya di dunia! Kenapa ini penting? Harapan hidup yang panjang menjadi idaman semua orang. Karena di Okinawa, Anda bisa menemukan banyak nenek dan kakek. Anda bisa belajar bagaimana hidup panjang usia di Okinawa!
Perempuan Okinawa memiliki usia yang panjang di dunia, hingga 86 tahun. Sedangkan pria Okinawa rata-rata bertahan di dunia pada usia 78 tahun. Mereka umumnya tinggal di Ogimi, sebuah desa di Pulau Okinawa utara. Ingin panjang umur, Anda sebaiknya pergi ke sana! Di Ogimi, memiliki 139 perempuan dan 33 pria yang berusia di atas 90 tahun. Menakjubkan! Dan mereka masih hidup sehat!
Oh ya, jangan lupa, Anda juga bisa mampir di restoran yang memberikan jaminan memperpanjang usia, yakni Emi no mise atau Emi’s shop, di Ogimi. Di sana menjual makanan lokal yang dipercaya mampu memperpanjang usia Anda. Apa saja menu panjang umur? Rumput laut, goya (sejenis mentimun), tofu alias tahu Jepang dan kunyit!
 
Berbagai fauna di Okinaw. Foto: Japan Times
Ketujuh, Okinawa itu surganya para pencinta alam! Jangan ngaku sebagai pencinta alam kalau belum pernah menjelajah Okinawa!
Di utara Pulau Okinawa, terdapat pegunungan yang disebut Yanbaru. Itu merupakan hutan hujan tropis subtropis. Di sana, industri pariwisata lingkungan berkembang pesat. Untuk belajar tentang flora dan fauna di Okinawa, bisa mengunjungi Museum Alam Ufugi.

Kedelapan, Okinawa adalah surganya para pecinta Amerika. Jangan ngaku bangga sebagai penggemar Amerika kalau belum berkunjung ke Okinawa!
Okinawa dikenal sebagai Little America! Di mana itu? Anda bisa berkunjung ke Gate 2 Street! Itu adalah pintu gerbang Kadena, pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat terbesar di wilayah Asia Pasifik. Di sana, Anda dijamin tidak akan merasa seperti di Jepang. Tetapi Anda seperti berada di Amerika. Anda pun tak perlu ke Amerika, cukup ke Okinawa saja. Banyak klub malam dan tempat tato dengan nama seperti Chicago hingga Wall Street. Mulai dari restoran khas Amerika hingga Starbuck.
 
Okinawa adalah surga bagi para pencinta sejarah. Foto: Japan Times
Kesembilan, Okinawa adalah surga para pencinta sejarah. Jangan ngaku sebagai sejarawan sejati kalau belum pernah berkunjung dan belajar tentang sejarah Perang Dunia II di Okinawa!
Perang 90 Hari Okinawa merupakan sejarah yang tercatat di dunia. Sejarah yang sangat tragis. Hampir separuh penduduk Okinawa meninggal, sebagian besar karena bunuh diri massal. Okinawa pun menjadi benih perdamaian. Di sana terdapat Museum Memorial Perdamaian Okinawa. Selain itu juga Museum Perdamaian Himeyuri yang didedaksi kepada 220 perempuan yang bertugas sebagai perawat. Kemudian, Cornerstone of Peace yang mencantumkan 240.931 orang yang meninggal dalam peperangan, baik warga sipil, militer dan orang asing.

Kesepuluh, Okinawa menjadi surganya para pelari. Anda bisa berlari bersama penduduk Okinawa yang suka gaya hidup sehat karena mereka suka berlari dan bersepeda.
Pada Februari, Anda bisa bergabung dengan Maraton Okinawa. Dengan berlari, para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang sangat menakjubkan dengan balutan banyak wisata alam yang layak untuk memberikan semangat saat berlari. Bukan hanya kesehatan yang bisa didapatkan, tetapi juga pengalaman yang sangat berharga.
Ingin liburan ke Surganya dunia? H.I.S menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan dan travel domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata Anda. HAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S dengan ANA (All Nippon Airways yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.

OKINAWA ADALAH PUSAT LIBURAN JEPANG

Okinawa memilih puluhan pulau. Okinawa memiliki ratusan lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Okinawa memiliki keramahan warganya yang akan selalu tersenyum menyambut wisatawan. Okinawa memiliki segalanya. Karena Okinawa adalah pusat traveling dunia.

Untuk menjangkau Okinawa tidak sulit. Banyak akses dan tranportasi seperti ANA dan JAL melayani penerbangan ke sana setiap hari dari beberapa kota besar di Jepang. Dikarenakan Okinawa itu lebih dekat dengan Hong Kong dan Taiwan, banyak wisatawan dari kedua wilayah itu yang membanjiri Okinawa. Sedangkan dari Tokyo ke Okinawa membutuhkan tiga jam perjalanan.
 
Wisatawan menikmati bunga sakura yang bemekaran. Foto: Japan Times
YANBARU
Pohon Sakura pertama kali bermekaran di YANBARU pada akhir Januari. Letaknya di Okinawa utara. Nama pohon Sakura aslinya adalah Kanhizakura (Cerasus ceraoides). Anda bisa menikmati pohon sakura yang sangat indah.
Bagaimana cara menikmati keindahan pohon sakura di YANBARU? Anda bisa menikmati gaya seperti orang Okinawa, yakni hanami! Bagi orang Jepang darata, hanami biasanya berart liburan di depan pohon cherry. Tapi bagi orang Okinawa, hanami adalah berlibur di pepohonan yang berbunga.
 
Jalan Kokusai di Okinawa selalu menjadi pusat perhatian wisatawa. Foto: Japan Times
JALAN KOKUSAI
Okinawa adalah Hawaiinya Jepang. Di mana tepatnya untuk menikmati atmosfir Honolulu di Jepang? Di Jalan Kokusai atau International Street di Naha. Di Kokousai, setiap hari Minggu, macet. Bukan macet seperti di Jakarta. Tetapi macet orang berwisata. Di sana banyak toko suvenir, restoran, bar dan pasar tradisional. Banyak suvenir yang dijual di sana, salah satunya gelas Ryukyu.
 
Okinawa memiliki Akuarium Churaumi yang selalu menawarkan atraksi hebat. Foto: Japan Times
AKUARIUM CHURAUMI
Akuarium Churaumi terletak di Okinawa tengah. Anda bisa melihat ribuan ikan dengan berbagai ukuran, mulai kecil hingga besar. Bahkan Anda bisa melihat tiga hiu yang mematikan. Ketika berada di Churaumi, Anda seperti berada di layar bioskop raksasa. Jangan takut Anda bocor! Ketinggi dinding kaca mencapai 22,5, dengan lebar 8,5 m, dan ketebalan kaca mencapai 60 cm.
Churaumi dipercaya sebagai akurium raksasa terbaik di Jepang. Itu menjadi obyek wisata di Ocean Expo Park yang didesain ulang dan dibuka pada 2002. Akuarium itu terletak di tanki raksasa Kuroshio, salah satu tanki raksasa terbesar di dunia. Akuarium itu terdiri dari tiga lantai. Bukan hanya sekedar melihat, wisatawan juga bisa berinteraksi langsung binatang laut, seperti ikan dan kerang.
 
Istana Shuri sungguh memberikan keindahan. Foto: Japan Times
ISTANA SHURI
Dengan naik monorail dari Naha, wisatawan bisa menikmati keindahan dan keajaiban dunia ISTANA SHURI yang menjadi mantan ibu kota Okinawa. Istana itu telah berusia 450 tahun. Pada 1429 hingga 1879, itu menjadi pusat pemerintahan, politik, ekonomi hingga budaya Kerajaan Ryukyu. Istana itu dihancurkan pada Perang Okinawa dan dibangun kembali pada 1992, lengkap dengan pintu gerbang bergaya China. Istana itu berbeda dengan kebanyakan istana di Jepang daratan. Bagi Anda yang sangat menyukai wisata budaya, jangan pernah meninggalkan ISTANA SHURI dari daftar objek wisata yang harus dikunjungi di Okinawa.
 
Chatan selalu dikunjungi wisatawan muda. Foto: Japan Times
CHATAN
Anda masih muda? Atau masih memiliki jiwa muda? Sebagiknya Anda juga berkunjung ke Chatan. Di Chatan, terdapat Desa Amerika Mihama dan gaya pantai timur Amerika yang menjadi surga belanja dan hiburan. Menjelang senja, di Mihama, Anda bisa melihat banyak anak muda melakukan berbagai aktivitas, seperti pesta barbecues atau hanya sekedar bersantai di pantai.
 
Yomita sumber keramik untuk buah tangan. Foto: Japan Times
YOMITAN
YOMITAN merupakan desa tembikar? Kenapa disebut begitu? Karena di YOMITAN terdapat banyak pengrajin dan workhop tembikar. Anda bisa belajar bagaimana membuat berbagai kerajinan secara langsung. Jika malas, Anda bisa juga menikmati beragam kerajinan masyarakat lokal. Anda bisa belajar budaya masyarakat Okinawa secara langsung di sana.
 
Jembatan Irabu yang terpanjang di Jepang.
JEMBATAN IRABU
Tak akan lengkap jika berkunjung ke Okinawa tanpa merasakan JEMBARAN IRABU. Jembatan itu memiliki panjang 6.500 meter. Itu menjadi jembatan laut terpanjang di Jepang yang menghubungkan lima pulau kecil di Okinawa.
Ingin liburan Okinawa? HIS menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan atau pun travel domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata Anda. HAnavi adalah kolaborasi antara HIS dengan ANA (All Nippon Airways yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.

OKINAWA ADALAH PUSAT MASAKAN KHAS JEPANG

Mungkin Anda akan berpikir kalau liburan di Okinawa akan menemukan yakitori di restoran Okinawa. Tidak! Mungkin juga akan mencari sushi! Tidak ada di restoran Okinawa.

Okinawa itu berbeda. Sebagian besar restoran di Okinawa menawarkan makanan khas yang berbeda dengan makanan khas Jepang lainnya. Kenapa? Karena Okinawa itu memiliki konteks dan kehidupan yang cukup berbeda dengan Jepang pada umumnya.
Sejarah mencatat Okinawa pernah menjadi negara independen pada 15 hingga 19. Kerajaan Ryukyu memiliki hubungan dagang dengan China, Korea dan Asia Tenggara. Makanan khas Okinawa pun memiliki campuran dari beberapa wilayah tersebut.
Goya Champuru selalu menawarkan kenikmatan. Foto: Japan Times

GOYA CHAMPURU

GOYA CHAMPURU adalah makanan khas Okinawa yang paling populer. Jangan ngaku berkunjung ke Okinawa tanpa merasakan GOYA CHAMPURU. Champuru berarti “mencampurkan sesuatu”. GOYA CHAMPURU itu terdiri dari goya – sejenis pare hijau yang memiliki rasa pahit, ditambah dengan tofu, daging dan telur. Sebenarnya Goya itu berasal dari Asia Tenggara, tetapi itu justru menjadi salah satu sayur yang paling diminati di Okinawa.
 
Okinawa Soba menyuguhkan kesegaran. Foto: Japan Times
OKINAWA SOBA
Dari namanya, terlihat kalau makanan itu berupa mie tepung. Makanan khas itu terkait dengan soba Jepang. Dicampur dengan daging, ikan, rasa OKINAWA SOBA terasa segar. Ditambah dengan Soki – iga menjadi toping OKINAWA SOBA.
 
Nasi Taco itu nasi percampuran. Foto: Japan Times
NASI TACO
Makanan khas Nasi Taco itu merupakan pencampuran makanan Okinawa dan Amerika. NASI TACO umumnya dihidangkan dengan daging panggang dan keju.
 
Awamori, minuman khas Okinawa. Foto: Japan Times
AWAMORI
Berbicara makanan khas, tak luput dari minuman khas. Minuman khas Okinawa adalah AWAMORI. Itu adalah minuman lokal yang sebenarnya berasal dari Thailand. Namun kemudian orang Thailand mengajarkan kepada orang Okinawa pada abad 15. Itu terbuat dari fermentasi berat dalam jangka panjang. AWAMORI mengandung sekitar 30 hingga 45 persen alkohol.
Ingin merasakan masakan khas Okinawa secara langsung di Okinawa? H.I.S menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata Anda. HAnavi adalah kolaborasi antara H.I S dengan ANA (All Nippon Airways yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.

No comments: