Saturday, November 14, 2009

Konsep dan Faktor-Faktor Teknologi Pendidikan



KONSEP DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Secara konsep dan praktek, program pembelajaran memerlukan perhatian semua pihak yang memiliki keterkaitan termasuk kajian disiplin ilmu dan tidak bias hanya dipercayakan sepenuhnya kepada pihak pengajar saja
Belajar berkaitan dengan perkembangan psikologi peserta didik, pengalaman yang perlu diperoleh, kemempuan yang harus dipelajari, cara tau teknik belajar, lingkungan yang perlu menciptakan kondisi yang kondusif, sarana dan fasilitas yang mendukung, dan berbagai factor eksternal lainnya.
FAKTOR-FAKTOR TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Engineering
1.Menggambarkan kegaiatan riset dan pengembangan serta usaha menghasilkan teknologi untuk digunakan secara praktis
2.Secara khusus pada pendekatan yang digunakan untuk pengembangan kurikulum
3.Penggunaan istilah engineering ini digunakan oleh Munroe (1912) dalam mengikat konep ilmu manajemen dalam setting pendidikan dan educational engineering
4.Munroe beralasan bahwa istilah educational engineering diperlukan dalam mengkaji tentang usaha yang besar untuk mempersiapkan anak-anak memasuki kehidupannya, mana yang lebih baik, mana yang harus dihindari, persyaratan apa yang perlu dipersiapkan, dimana dan mengapa mereka mengalami ketidakberhasilan
5.Penyelenggaraan pendidikan perlu menetapkan efisiensi dalam setiap usaha yang dilakukannya, pengajar perlu menetapkan bagaimana cara yang efisien supaya peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang maksimal
Science
1.Science dalam pendidikan menjadi laboratorium dan percobaan untuk memilih dan menetapkan calon peserta didik, penetapan kurikulum, penetapan metode pembelajaran, dan menilai hasil belajar peserta didik
2.Tujuannya dalam pendidikan memberikan jaminan bahwa peristiwa belajar yang diharapkan memiliki dampak terhadap efisiensi dan efektifitas pembelajaran, disamping kemampuan hasil belajar dapat diprediksi dan dikontrol
3.Pemanfaatan science dalam pendidikan menggunakan model umum sciencific inquiry dalam berfikir reflektif
4.Mengungkapkan bahwa science menjadi ukuran yang eksak dan standar yang tepat untuk memelihara dan mempredikdi keteraturan dunia
The development of the Audio Visual education movement
1.Konsep audiovisual dilandasi oleh pemahaman tentang hardware dan equipment
2.Pemahaman popular menunjukkan bahwa teknologi pendidikan merupakan hasil evolusi gerakan penggunaan audiovisual pada pendidikan
3.Audiovisual atau alat bantu mengajar yang berupa gambar, model, objek yang ringan antara bahan ajar secara kongkrit dengan proses belajar dapat digunakan dengan tujuan untuk memperkenalkan, membangun, memperkaya atau mengklarifikasi konsep abstrak

No comments: